Pakar Ingatkan Varian Omicron Lebih Menular Dari Delta, Laju Kasus Harian Sangat Cepat

Redaksi | 4 Februari 2022 | 02:30 WIB

TABLOIDBINTANG.COM - Lonjakan kasus harian varian Omicron makin tinggi. Per 30 Januari 2022 mencapai 12.442 orang dan terus menanjak pada Februari 2022. Dokter Spesialis Penyakit paru dari RSUP Persahabatan Dr. dr. Erlina Burhan, M.Sc, Sp.P(K) mengatakan, “Omicron salah satu varian Covid-19. Salah satu karakteristiknya, sangat mudah menular jika dibandingkan dengan Delta. Ini terlihat dari angka peningkatan kasus harian yang sangat cepat,” katanya dalam gelar wicara virtual “Jangan Lengah Tingkatkan Daya Tahan Tubuh Untuk Mencegah Penularan Covid” bersama Soho, pada Kamis (3/2/2022).

“Asumsi saya, kalau dilakukan pemeriksaan, sebagian besar kasus yang terjadi di Indonesia sudah Omicron,” ujar Erlina. Ia menambahkan, virus ini tertular karena interaksi antar manusia. Karenanya Erlina mengimbau jika tidak penting banget, jangan bepergian. Hindari makan bersama di kantor, karena saat makan, kita buka masker dan kemungkinan penularan tinggi. “Kita terlena bahwa kasus Omicron tanpa gejala dan ringan. Jadi masyarakat enggak perlu panik. Saya setuju ini, tapi waspada tetap harus,” ia mengingatkan.

Dalam kesempatan itu, Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Alergi Imunologi dari RSCM Jakarta, Prof. Dr. dr. Iris Rengganis Sp.PD-KAI, menjelaskan, menjaga daya tahan tubuh di tengah wabah Covid-19 apapun variannya tetap penting. Dua kali vaksinasi plus booster, istirahat cukup, menjaga pola makan, rajin olahraga, disiplin menerapkan protokol kesehatan, dan bila perlu mengonsumsi suplemen penunjang daya tahan tubuh. “Tidak ada salahnya menguatkan daya tahan tubuh dengan mengonsumsi imunomodulator,” papar Iris.

Senada dengan Iris, VP Research & Development, Regulatory, and Medical Affairs Soho Global Health, DR. Raphael Aswin Susilowidodo, M.Si., CIP, menjelaskan bahwa Soho mengembangkan dua varian Imboost terbaru, yaitu Extra dan Force Ultimate. Imboost Extra pengembangan formula Imboost, yang mengandung Echinacea purpurea, Zinc, Vitamin C, dan D, untuk meningkatkan daya tahan tubuh. “Imboost Force Ultimate mengandung Echinacea purpurea, Black Elderberry, Zinc, Vitamin C lipid metabolit, Citrus Bioflavonoid, Vitamin D3, yang bisa bekerja pada tiga lapis sistem imun tubuh,” terangnya.

Penulis : Redaksi
Editor: Redaksi
Berita Terkait